Selasa, 06 Desember 2016

Fungsi Al-Quran Sebagai Sumber Ilmu

Fungsi Al-Quran Sebagai Sumber Ilmu
Al-quran berisi ilmu-ilmu yang bermanfaat bagi manusia sebagai sumber hukum, sejarah, dan lainnya. Ilmu tersebut sangat bermanfaat bagi umat manusia. Beberapa disiplin ilmu yang bersumber dari Al-quran antara lain:
1.Ilmu Tauhid
Ilmu tauhid merupakan ilmu yang membahas pengokohan keyakinan dalam agama Islam sehingga dapat menghilangkan keraguan. Tauhid sendiri berarti mengesakan Allah. Tak jarang dari kalangan umat Islam sendiri sering merasa ragu terhadap agama mereka karena banyak hal. Mempelajari ilmu tauhid dapat meyakinkan kita tentang Tuhan yang Satu yaitu Allah SWT.
2.Ilmu Hukum
Di dalam Al-quran dibahas pula hukum-hukum dalam agama Islam. Sebagai umat Islam yang baik seharusnya dapat mempelajari hukum dalam Islam, seperti hukum pernikahan, perhitungan waris, dan lain-lain. Al-quran merupakan salah satu sumber hukum Islam yang perlu terus kita pelajari sehingga kita bisa menjadi muslim yang taat dan berpengetahuan.
3.Ilmu Tasawuf
Ilmu tasawuf merupakan ilmu untuk mengetahui cara menyucikan jiwa, menjernihkan akhlak, serta membangun dhahir dan batin sehingga mendapatkan kebahagiaan yang abadi. Ilmu tasawuf sudah berkembang sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Kita tentu tahu tentang bagaimana Nabi Muhammad SAW pergi ke Gua Hira dan banyak berdzikir. Para sufi kemudian mencontoh apa yang dilakukan Nabi Muhammad SAW tersebut
4.Ilmu Filsafat Islam
Filsafat Islam adalah ilmu filsafat yang dikembangkan oleh cendekiawan muslim. Jika dalam ilmu filsafat lain kadang masih mencari-cari tentang kehadiran Tuhan namun di filsafat Islam sudah meyakini tentang keesaan Tuhan yaitu Allah SWT. Filsafat Islam lebih banyak membahas tentang masalah lain seperti manusia dan alam.
5.Ilmu Sejarah Islam
Sejarah Islam juga banyak terdapat dalam Al-quran. Islam sendiri memiliki sejarah yang cukup panjang sejak zaman Nabi Muhammad SAW atau bahkan sejak zaman Nabi Adam diturunkan di dunia. Agama Islam sendiri kemudian baru dikukuhkan pada saat zaman Nabi Muhammad SAW. Ada banyak rintangan dan hadangan yang ikut mengiringi perkembangan Islam pada zaman tersebut.
6.Ilmu Pendidikan Islam
Ilmu pendidikan Islam diajarkan di sekolah-sekolah agar para siswa lebih memahami tentang agama Islam yang mereka anut. Di dalam ilmu pendidikan Islam, Al-quran menjadi salah satu sumber utama untuk mempelajari Islam. Para siswa juga dituntut dapat membaca Al-quran dan mengerti artinya yang nantinya dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain ilmu-ilmu tersebut, di dalam Al-quran sebenarnya sering disebutkan tentang ilmu pengetahuan lainnya seperti ilmu biologi ataupun astronomi. Isi kandungan Al-quran memang sudah teruji kebenarannya. Sebagai umat Islam kita wajib untuk mempelajarinya dan mengamalkan Al-quran sehingga kehidupan kita dapat selalu terjaga di jalan yang lurus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar